Jumat, 22 Maret 2013

Bab 3


 A.  Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet
Pada  dasarnya, internet berisikan berbagai macam informasi yang di sajikan dalam suatu website. Untuk dapat mengakses website tersebut, kamu membutuhkan browser(perangkat lunak yang di gunakan untuk mengakses internet). Ada beberapa browser yang dapat di gunakan untuk mengakses internet, di antaranya adalah internet explorer, mozilla firefox, opera, google chrome, dan netscape navigator. Browser yang paling banyak di gunakan saat ini adalah internet explorer dan mozilla firefox. Berikut ini adalah penjelasan tentang browser tersebut.                                                                                                                                          
   1. Internet Explorer
     Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi windows. Saat ini, internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini  adalah internet explorer versi 8. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web, menunjukan bahwa pengguna internet explorer saat ini mencapai 93,7%. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh para pengakses internet.

Internet Explorer banyak di gunakan oleh para pengakses internet untuk melakukan browsing karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
  1)    Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga tidak menghambat alur kerja program lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan program Internet Explorer.
  2)   Jika komputer menggunakan sistem opersi windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. Oleh karena itu, tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.
 3)   Internet Explorer sudah terintegrasidengan microsoft outlook ataupun outlook express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan menbaca e-mail.
 Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa                  kekurangan , di antaranya adalah:
  1)    Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb.
 2)   Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download manager, seperti Internet Download menejer, Flash Got, Free Download Manager, dan lain sebagainya.
 3)   Fitur-fiturnya masih sedikit jika di bandingkan dengan mozilla firefox.
 4)   Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan mozilla firefox.
 5)   Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows, sedangkan pada sistem operasi Linux dan Mac tidak bisa menggunakannya.
  1. Mozilla Firefox  
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk  sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajahan penjelajahan antar platform gratis yang di kembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 3.0.8.
          Kelebihan dari Mozilla Firefox adalah:
  1)    Ukuran aplikasi yang relatif lebih kecil, yaitu sekitar 7,3 Mb.
 2)   Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi,baik yang berupa tombol pintas, misalnya ctrl + T untuk menbuka tab baru, maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture), misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
 3) Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
  4)   Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer.
  5)   Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.
  6)   Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.
  7)   Kecepatan aksesnya lebih cepat daripada Internet Explorer.
Mozilla Firefox juga memiliki beberapa  kekurangan, diantaranya adalah:
  1)    Tidak terintegrasi dengan microsoft outlook ataupun outlook express.
 2)   Memakan banyak memori komputer sehingga sering menggangu proses dari program lain yang berjalan bersamaan dengan Mozilla Firefox.
 3)   Harus di instal terlebih dahulu, tidak otomatis seperti halnya internet explorer yang terinstal bersama dengan sistem operasi Windows.
 A.  Mengakses Halaman Web
Jika komputermu telah terhubung ke internet, kamu dapat mengakses halaman tertentu. Bagaimana cara mengakses halaman web? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1)    Buatlah sambungan dengan internet, misalnya dengan dial up connection.
2) Aktifkan program aplikasi(browser) yang akan di pakai, misalnya Internet Explorer. Carilah icon atau shortcut internet explorer pada dekstop atau taskbar untuk mengaktifkannya



3)    Tuliskan alamat http://www.yahoo.com pada adress, kemudian klik tombol go atau tekan Enter.
  1. 4) Setelah itu akan muncul tampilan alamat yang di tuju,situs yahoo.

Dalam mengakses halaman web, kamu perlu mengenalkomponen atau ikon pada browser dan fungsinya. Berikut ini adalah komponen yang ada pada Internet Explorer:

  A.  Mengenal Mesin Pencari(Search Engine)
Mesin pencari (Search Engine) merupakan situs tertentu yang di rancang khusus untuk menemukan alamat web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi. Sekarang, sudah banyak situs yang menyediakan mesin pencari (Search Engine) untuk memberikan pelayan yang memuaskan bagi para pengunjung situs tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin pencari(Search Engine) yang tersedia di internet:
1.    Mesin Pencari Google
Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak di gunakan oleh banyak orang. Alamat web site google  adalah http://www.google.com untuk layanan dalam bahasa inggris atau http://google.co.id untuk layanan dalam bahasa indonesia.
2.    Mesin Pencari Altavista
Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dari basis data situs lain. Mesin pencari Alvista dapat di akses pada alamat http://www.altavista.com.
 
3.    Mesin Pencari Excite
Mesin pencari Excite dapat di akses di alamat http://www.excite.com. Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video.

4.    Mesin Pencari Yahoo
Mesin Pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com untuk layanan dalam bahasa inggris dan http://www.yahoo.co.id untuk layanan dalam bahasa indonesia.
5.    Mesin Pencari Scirus
Scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal. Scirus memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan, untuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci, dan kemampuan untuk menyimpan, email, atau melakukan export situs. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, dan TeX. Alamat situsnya adalah http://scirus.com
6.    Mesin Pencari FinQoo
FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini ke dalam mesin pencari yang lebih baru. Salah satu fitur yang di milikilebih baru. Salah satu fitur yang di miliki oleh FinQoo adalah “Quick View” untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama. Alamat situsnya adalah http://finqoo.com.

7.    Mesin Pencari Alltheweb
Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi di situs-situs internet. Selain itu, Alltheweb di lengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa gambar, video, MP3, dan file FTP. Alamtnya adalah http://www.alltheweb.com.
Dalam proses penyimpanan ke dalam database, search engine ini mampu melakukan pengideksan terhadap satu halaman penuh, berbeda dengan Google yang hanya mampu mengindeks sebesar 110 Kb pertama dari halaman sebuah situs. Meskipun demikian, alltheweb tidak mampu mencari file-file PDF dan tidak menyediakan fasilitas sebuah situs.
  A.Layanan internet
Internet menghubungkan kita dengan dunia melalui komputer. Kamu dapat mengakses informasi yang ada di internet dankamu pun dapat di akses oleh seluruh komunitas di internet. Banyak kemudahan yang dapat di peroleh dari internet melalui berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya. Fasilitas-fasilitas yang ada di internet adalah sebaai berikut.
  1.    E-mail (Surat Elektronik)
Secara manual, kamu mengirim surat kepada oranglain melalui kantor pos dengan menyeretkan ongkos dalam bentuk perangko. Pengirimannya memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi daerah yang di tuju letaknya jauh. Jika waktu pengirimannya ingin cepat, ongkos yang di keluarkan harus lebih besar.
Fasilitas E-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Jika dianalogikan, e-mail memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui kantor pos. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan antara mengirim surat melalui e-mail dengan mengirim surat melalui kantor pos, diantaranya adalah sebagai berikut:
a)    Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirimkan tidak terbatas karena diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpanan (bytes). Kamu dapat mengirim ratusan bahkan ribuan lembar surat melalui e-mail.
b)   Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail dapat di lakukan ke banyak orang sekaligus.
c)    Pengiriman surat atau pesan melalui e-mail akan mempercepat waktu pengiriman.
d)   Pengiriman melalui e-mail tidak di pengaruhi keadaan cuaca.
  2.  Malling List (Millis)
Beberapa orang yang memiliki hobi atau profesi yang sama dapat berkumpul membentuk sebuah kelompok yang dinamakan malling list. Jika di artikan, malling list merupakan lumpulan atau daftar(list)orang-orang yang memiliki kegemaran atau profesi yang sama. Misalnya, beberapa orang siswa yang gemar olahraga dapat membuat millis “Siswa Olahraga” , siswa yang gemar komputer dapat membuat millis “Siswa Komputer”, guru-guru dapat membuat millis “Guru” dan sebagainya.
Pesan yang sampai kepada seorang anggota millis akan disebarkan secara otomatis kepada anggota millis lainnya. Demikian pula pesan yang di kirim oleh seorang millis akan di sebarkan secara otomatis ke anggota millis lainnya. Oleh karena itu, untuk membangun kebersamaan dan kerjasama sangat baik jika di fasilitasi dengan millis.
  3.  Chatting
Kata dasar  chatting adalah chat, artinya berbincang atau ngobrol. Dalam fasilitas chatting, kamu dapat berkomunikasi langsung secara tertulis dengan orang lain yang sama-sama sedang online di internet.
Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengguna internet dapat berkomunikasi melalui tulisan. Kemudian, rekan pengguna yang lain akan membalas dalam bentuk tertulis pula. Memang ada sedikit kekakuan  di bandingkan percakapan langsung lewat  telpon. Namun, bagi pengguna yang sudah biasa, chatting menjadi kegiatan yang mengasyikan.
Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan kemempuan chatting yang di sertai suara (sound). Komunikasi lisam melalui chatting sama dengan komunikasi melalui pesawat telpon. Bagi para pengguna yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan fasilitas web cam, mereka dapat melakukan chatting dengan melihat wajah rekan yang di ajak bercakap-cakap.
  4.  File Transfer Protocol (FTP)
Melalui internet, kamu juga dapat mengirimkan berkas (file) yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepada temanmu. Ini dapat dilakukan karena internet menyediakan fasilitas layanan berupa File Transfer Protocol (FTP). Fasilitas FTP ini memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam internet. Layanan FTP paling banyak digunakan lalu lintas file, khususnya bagi perusahaan dan organisasi atau perseorangan, yang akan mengirimkan surat lamaran kerja atau mengirimkan file kepada rekan-rekannya.
  5.  Telnet
Fasilitas telnet memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah komputer dengan jaringan seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu sendiri. Misalnya, seseorang yang berada di bandung akan memperbaiki naskah yang ada di sebuah komputer di Kalimantan. Maka, ia tidak perlu pergi ke Kalimantan, atau ia tidak perlu meminta dikirim filenya. Dengan fasilitas telnet, ia dapat mengakses komputer yang ada di Kalimantan tersebut dan langsung memperbaiki naskah yang dimaksud. Orang yang akan mengakses harus memiliki alamat IP, user ID, dan password dari komputer rekannya agar dapat mengakses secara langsung. Melalui fasilitas telnet, pengakses dapat secara langsung bertukar file yang berisi tulisan, gambar, film, lagu atau game.
  6.  Teleconference (Konferensi  Jarak Jauh)
Aplikasi chatting terus di kembangkan sampai tercipta voice chat, yang kemudian menjadi teleconference. Caranya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga kulitasnya dapat di pertahankan. Ditambah dengan layanan multimedia internet, para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconference yang lebih sempurna. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.
Seorang pejabat negara dapat melakukan pertemuan tanpa harus mnenghadiri para pesertannya di suatu tempat. Peserta dapat tetap berada da tempatnya masing-masin, namun mereka semua bertemu dalam sebuah konferensi jangka jauh, dimana mereka dapat melihat satu sama lainnya, seperti layaknya berhadapan langsung secara fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar